Sejarah: Aplikasi Instagram

logo Instagram

BATARATECH.com – Perkembangan teknologi yang begitu cepat telah banyak merubah perilaku atau cara orang dalam banyak hal, seperti bersosial, bermain maupun bekerja. Dalam kesempatan kali ini bataratech ingin berbagi informasi terkait salah satu hasil perkembangan teknologi dalam hal bersosial atau yang sering dikenal dengan istilah sosial media. Salah satu aplikasi sosial media yang cukup berpengaruh saat ini ialah Instagram.

Instagram merupakan aplikasi sosial media atau sering disingkat dengan kata “sosmed”, yang memungkinkan pengguna dapat mengunggah hasil foto yang dapat diedit dengan berbagai filter digital dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial lainnya, termasuk Instagram itu sendiri. Ide aplikasi ini dikemukakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger yang merupakan lulusan dari Stanford University, Amerika Serikat.

Instagram resmi dirilis pada tanggal 6 Oktober 2010 melalui App Store dan dapat digunakan untuk perangkat berbasis iOS sepeti iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru. Aplikasi ini juga dirilis di Google Play dan dapat digunakan pada telepon genggam Android dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8.

Peluncuran aplikasi Instagram ini telah menjadi terobosan baru dalam hal sosial media berbasis foto dan video, yang mana instagram pun menjadi aplikasi popular di ranah jejaring sosial. Banyaknya pengguna yang mengunduh aplikasi Instagram ini, membuat perusahaan Facebook tertarik dan pada tanggal 9 April 2012, mengumumkan bahwa setuju mengambil alih atau mengakuisisi Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar dolar AS atau jika di Rupiahkan dengan skala 1 dolar adalah Rp. 14.000 adalah mencapai 14 T(triliun).

Mengutip dari informasi yang dipaparkan oleh TechCrunch, bahwa Instagram saat ini  telah menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak hingga mencapai 1 miliar pengguna aktifnya, pada tanggal 18 Juni 2018.

Berawal dari pengalaman Kerja

Sejarah-Instagram- Mike Kriger (kiri) dan Kevin Systrom (kanan)

Berawal dari pengalaman bekerja di perusahaan Twitter dan Google, Kevin Systrom dan Mike Krieger berkeinginan untuk mengembangakan usahanya sendiri yaitu perusahaan Burbn, Inc. yang berdiri pada tahun 2010.

Perusahaan teknologi startup ini memang bergerak dalam bidang pengembangan aplikasi telepon genggam. Mulanya aplikasi ini hanya dapat digunakan pada perangkat iPhone saja dan memiliki terlalu banyak fitur seperti melakukan check in di suatu lokasi yang dikunjungi, berbagi foto, hingga akhirnya oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom dikurangi menjadi aplikasi untuk share foto, komentar dan menyukai. Jadi dari hal inilah awal mulanya aplikasi Instagram terbentuk.

Hingga pada akhirnya di tahun 2012 perusahaan Facebook tertarik dan secara resmi mengakuisisi Instagram serta mengambil alih pengelolaan Instagram. Pada tahun 2016 logo Instagram telah resmi diubah dan diperkenalkan kehadapan publik berupa tampilan yang lebih elegan dan stylish seperti yang kita lihat saat ini.

Nama Instagram

Penamaan Instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini, dimana perpaduan “instant” seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan” dengan “gram” yang berasal dari kata “telegram” yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Tujuan aplikasi Instagram ini diharapkan seperti telegram yang memberikan informasi yang disampaikan dapat diterima dengan cepat.